Sabtu, 03 Februari 2018

BROSUR DAN TIPE-TIPE BROSUR MENARIK

BROSUR DAN TIPE-TIPE BROSUR MENARIK
Artikel kali ini akan membahas mengenai Brosur dan Tipe-Tipe Brosur untuk memenuhi tugas individual untuk mata kuliah Desain Pemodelan Grafik. Agar lebih jelasnya berikut penjelasannya :
Pengertian Brosur
Brosur adalah buku yang diterbitkan secara tidak berkala yang dapat terdiri dari satu hingga sejumlah kecil halaman, tidak terkait dengan terbitan lain, dan selesai dalam sekali terbit. Bila terdiri dari satu halaman, brosur atau pamflet umumnya dicetak pada kedua sisi, dan dilipat dengan pola lipatan tertentu hingga membentuk sejumlah panel yang terpisah. Brosur atau pamflet memuat informasi atau penjelasan tentang suatu produk, layanan, fasilitas umum, profil perusahaan, sekolah, atau dimaksudkan sebagai sarana beriklan. Informasi dalam brosur ditulis dalam bahasa yang ringkas, dan dimaksudkan mudah dipahami dalam waktu singkat. Brosur juga didesain agar menarik perhatian, dan dicetak di atas kertas yang baik dalam usaha membangun citra yang baik terhadap layanan atau produk tersebut.
Berbagi macam jenis dan ukuran brosur telah kita tau jika brosur merupakan salah satu bentuk promosi yang sering banyak orang gunakan untuk berbagai macam promosi. Promosi itu tak hanya untuk bisnis saja karena bisa untuk berbagai macam jenis yang lainnya. Biasanya brosur memang sering orang gunakan untuk promosi bisnis mereka agar bisa meningkatkan jumlah penjualan mereka. Dan biasanya untuk penyebaran brosur ini sering mereka gunakan pada awal bisnis yang akan mereka jalankan agar banyak orang yang lebih tau tentang bisnis yang mereka jalankan sehingga mereka banyak menyebarkan sebuah brosur.Namun brosur memiliki berbagai macam jenis dan ukuran brosur sehingga anda juga harus tau mana yang cocok untuk bisnis yang anda jalankan.

Selain banyak digunakan untuk membuat promosi sebuah bisnis namun brosur juga sering digunakan untuk sebuah promosi berbagai macam sekolah – sekolah atau bisa juga kampus – kampus yang biasanya dilakukan pada saat akhir semester untuk untuk bisa memperkenalkan sekolah mereka atau kampus mereka untuk anak didik lainnya sehingga hal ini dilakukan agar banyak yang tertarik dengan sekolah dan kampus mereka. Namun juka anda ingin membuatnya pastikan anda tau berbagai macam jenis dan ukuran brosur terlebih dahulu agar anda tak salah pilih

Berikut ini berbagai macam jenis dan ukuran brosur :

1.      Brosur lipat 3/ Trifold
Brosur lipat 3 merupakan salah satu  jenis brosur yang sangat populer dan memang sering orang gunakan untuk melakukan sebuah promosi , ukurannya untuk brosur lipat 3 yaitu biasanya A4 ( 21 x 29,7 cm ) yang kemudian dilipat 3. Untuk rosur ini mempunyai 6 halaman yang bolak – balik. Bagi anda yang juga ingin menampilkan berbagai macam foto foto produk atau pun mempunyai materi yang juga banyak dan ingin dibagi perhalaman, maka inilah brosur lipat 3 yang memang sangat cocok untuk kebutuhan anda . Untuk ukuran ukuran dari brosur lipat 3 ini tidak hanya A4 namun bisa juga disesuaikan dengan kebutuhan yang anda inginkan seperti A5.

2.      Brosur lipat 2/ Bifold
Brosur jenis lipat dua ini biasanya banyak menggunakan ukuran kertas A4 ( 21 x 29,7 ) yang kemudian dilipat 2 sehingga mempunyai 4 Halaman yang bolak balik . Brosur ini cocok untuk anda yang memang ingin menampilkan jenis gambar yang lebih besar.

3.      Brosur tanpa lipat/Flayer
Untuk brosur  jenis ini tidak memiliki lipatan dan biasa disebut dengan fleyer dan untuk  ukuran yang paling banyak digunakan yaitu A4 , A5 ( 14,8 x 21 cm ) atau bisa juga DL size ( 1/4 kertas kuarto ). Untuk jenis – jenis brosur seperti ini lebih cocok bagi anda yang juga mempunyai informasi singkat dan padat , namun jika ingin membuat lebih banyak materi lain bisa menggunakan ukuran A4 ( 21 x 29,7 ).

4.     
Brosur Folder dengan flap dan sisipan
Brosur folder merupakan jenis yang lebih cocok untuk memasarkan produk secara profesional dengan pilihan warna, desain, dan informasi yang tepat. Umumnya format yang digunakan adalah dengan menambah lebih banyak gambar dan sedikit diskripsi tentang produk secara jelas.
Memiliki brosur akan meningkatkan citra dan keuntungan Anda. Ukuran brosur adalah aspek morfologi lainnya. Anda harus mempertimbangkan ukuran brosur ketika Anda berpikir tentang desain brosur Anda dan obyektif.
Sangat penting memiliki ukuran brosur yang tepat pada saat merancang, karena akan menentukan bagaimana desainer akan bekerja. Ini akan berbeda baginya bekerja dengan brosur kecil daripada dengan yang besar.
Format dan ukuran brosur sangat menentukan tercapai atau tidaknya tujuan dari pembuatan brosur. Misalnya, membuat brosur tri-fold dengan ukuran A3 yang akan disebar di jalanan tidak akan efektif, karena akan sulit untuk disimpan dan akan merepotkan si penerima. Dan jika si penerima memutuskan untuk menyimpannya, ia akan perlu untuk melipat, brosur yang sudah dilipat akan rusak ketika akan dibaca kembali. Ini adalah kerugian bagi Anda dan perusahaan Anda.
Oleh karena itu, solusi terbaik dalam situasi ini adalah memiliki ukuran yang lebih kecil dari sebelumnya, sehingga bisa disimpan tanpa harus dilipat.

          Ciri-ciri Brosur Menarik
Berikut ini terdapat deskripsi mengenai pembahasan singkat tentang ciri-ciri brosur yang harus anda diketahui dahulu, sebagai berikut:
·        Kalimat pernyataan harus bersifat tunggal.
·        Menggunakan desain yang menarik dan jelas.
·        Brosur harus bisa menarik perhatian pelanggan atau publiknya.
·        Mempunyai sistem distribusi sendiri yang bukan merupakan bagian dari media lainnya.
·    Di terbitkan hanya sekali namun dapat diperbarui kembali tergantung sesuai dengan kemauan     perusahaan.
·   Dibuat bertujuan untuk meniformasikan, mengedukasi, dan membujuk atau mempengaruhi orang agar membeli atau mengadopsi pesan yang disampaikan.

       Tipe-tipe Brosur Menarik
Berikut contoh brosur menarik karena dari segi desain yang unik yang jarang ditemui dibrosur brosur lainnya dari bentuknya yang dibentuk-bentuk seperti origami sehingga dapat meminat orang-orang untuk membacanya.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar