BROSUR
DAN TIPE-TIPE BROSUR MENARIK
Artikel kali ini akan membahas mengenai
Brosur dan Tipe-Tipe Brosur untuk memenuhi tugas individual untuk mata kuliah Desain Pemodelan Grafik. Agar lebih
jelasnya berikut penjelasannya :
Pengertian
Brosur
Brosur adalah buku yang
diterbitkan secara tidak berkala yang dapat terdiri dari satu hingga sejumlah
kecil halaman, tidak terkait dengan terbitan lain, dan selesai dalam sekali
terbit. Bila terdiri dari satu halaman, brosur atau pamflet umumnya dicetak pada
kedua sisi, dan dilipat dengan pola lipatan tertentu hingga membentuk sejumlah
panel yang terpisah. Brosur atau pamflet memuat informasi atau penjelasan
tentang suatu produk, layanan, fasilitas umum, profil perusahaan, sekolah, atau
dimaksudkan sebagai sarana beriklan. Informasi dalam brosur ditulis dalam
bahasa yang ringkas, dan dimaksudkan mudah dipahami dalam waktu singkat. Brosur
juga didesain agar menarik perhatian, dan dicetak di atas kertas yang baik
dalam usaha membangun citra yang baik terhadap layanan atau produk tersebut.
Berbagi macam jenis dan
ukuran brosur telah kita tau jika brosur merupakan salah satu bentuk promosi
yang sering banyak orang gunakan untuk berbagai macam promosi. Promosi itu tak
hanya untuk bisnis saja karena bisa untuk berbagai macam jenis yang lainnya.
Biasanya brosur memang sering orang gunakan untuk promosi bisnis mereka agar
bisa meningkatkan jumlah penjualan mereka. Dan biasanya untuk penyebaran brosur
ini sering mereka gunakan pada awal bisnis yang akan mereka jalankan agar
banyak orang yang lebih tau tentang bisnis yang mereka jalankan sehingga mereka
banyak menyebarkan sebuah brosur.Namun brosur memiliki berbagai macam jenis dan
ukuran brosur sehingga anda juga harus tau mana yang cocok untuk bisnis yang anda
jalankan.
Selain banyak digunakan
untuk membuat promosi sebuah bisnis namun brosur juga sering digunakan untuk
sebuah promosi berbagai macam sekolah – sekolah atau bisa juga kampus – kampus
yang biasanya dilakukan pada saat akhir semester untuk untuk bisa
memperkenalkan sekolah mereka atau kampus mereka untuk anak didik lainnya
sehingga hal ini dilakukan agar banyak yang tertarik dengan sekolah dan kampus
mereka. Namun juka anda ingin membuatnya pastikan anda tau berbagai macam jenis
dan ukuran brosur terlebih dahulu agar anda tak salah pilih
Berikut ini berbagai macam jenis dan
ukuran brosur :
1. Brosur lipat 3/ Trifold
Brosur
lipat 3 merupakan salah satu jenis
brosur yang sangat populer dan memang sering orang gunakan untuk melakukan
sebuah promosi , ukurannya untuk brosur lipat 3 yaitu biasanya A4 ( 21 x 29,7
cm ) yang kemudian dilipat 3. Untuk rosur ini mempunyai 6 halaman yang bolak –
balik. Bagi anda yang juga ingin menampilkan berbagai macam foto foto produk
atau pun mempunyai materi yang juga banyak dan ingin dibagi perhalaman, maka
inilah brosur lipat 3 yang memang sangat cocok untuk kebutuhan anda . Untuk
ukuran ukuran dari brosur lipat 3 ini tidak hanya A4 namun bisa juga
disesuaikan dengan kebutuhan yang anda inginkan seperti A5.
2. Brosur lipat 2/ Bifold
Brosur
jenis lipat dua ini biasanya banyak menggunakan ukuran kertas A4 ( 21 x 29,7 )
yang kemudian dilipat 2 sehingga mempunyai 4 Halaman yang bolak balik . Brosur
ini cocok untuk anda yang memang ingin menampilkan jenis gambar yang lebih besar.
3. Brosur tanpa lipat/Flayer
Untuk
brosur jenis ini tidak memiliki lipatan
dan biasa disebut dengan fleyer dan untuk
ukuran yang paling banyak digunakan yaitu A4 , A5 ( 14,8 x 21 cm ) atau
bisa juga DL size ( 1/4 kertas kuarto ). Untuk jenis – jenis brosur seperti ini
lebih cocok bagi anda yang juga mempunyai informasi singkat dan padat , namun
jika ingin membuat lebih banyak materi lain bisa menggunakan ukuran A4 ( 21 x
29,7 ).
Brosur folder merupakan jenis yang lebih cocok untuk
memasarkan produk secara profesional dengan pilihan warna, desain, dan
informasi yang tepat. Umumnya format yang digunakan adalah dengan menambah
lebih banyak gambar dan sedikit diskripsi tentang produk secara jelas.
Memiliki
brosur akan meningkatkan citra dan keuntungan Anda. Ukuran brosur adalah aspek
morfologi lainnya. Anda harus mempertimbangkan ukuran brosur ketika Anda
berpikir tentang desain brosur Anda dan obyektif.
Sangat
penting memiliki ukuran brosur yang tepat pada saat merancang, karena akan
menentukan bagaimana desainer akan bekerja. Ini akan berbeda baginya bekerja
dengan brosur kecil daripada dengan yang besar.
Format
dan ukuran brosur sangat menentukan tercapai atau tidaknya tujuan dari
pembuatan brosur. Misalnya, membuat brosur tri-fold dengan ukuran A3 yang akan
disebar di jalanan tidak akan efektif, karena akan sulit untuk disimpan dan akan
merepotkan si penerima. Dan jika si penerima memutuskan untuk menyimpannya, ia
akan perlu untuk melipat, brosur yang sudah dilipat akan rusak ketika akan
dibaca kembali. Ini adalah kerugian bagi Anda dan perusahaan Anda.
Oleh
karena itu, solusi terbaik dalam situasi ini adalah memiliki ukuran yang lebih
kecil dari sebelumnya, sehingga bisa disimpan tanpa harus dilipat.
Ciri-ciri Brosur Menarik
Berikut ini
terdapat deskripsi mengenai pembahasan singkat tentang ciri-ciri brosur yang
harus anda diketahui dahulu, sebagai berikut:
· Kalimat pernyataan harus bersifat tunggal.
· Menggunakan desain yang menarik dan jelas.
· Brosur harus bisa menarik perhatian
pelanggan atau publiknya.
· Mempunyai sistem distribusi sendiri yang
bukan merupakan bagian dari media lainnya.
· Di terbitkan hanya sekali namun dapat
diperbarui kembali tergantung sesuai dengan kemauan perusahaan.
· Dibuat bertujuan untuk meniformasikan,
mengedukasi, dan membujuk atau mempengaruhi orang agar membeli atau mengadopsi
pesan yang disampaikan.
Tipe-tipe Brosur Menarik
Berikut
contoh brosur menarik karena dari segi desain yang unik yang jarang ditemui dibrosur
brosur lainnya dari bentuknya yang dibentuk-bentuk seperti origami sehingga
dapat meminat orang-orang untuk membacanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar